Merescue kucing

Seringkali kami menerima insan insan peduli terhadap nasib kucing liar. Meski begitu, tidak semua dari kucing tersebut menjadi lebih baik saat dipelihara oleh pemilik barunya. Beberapa malah berakhir di dalam kandang dan kehilangan kebebasannya.

Berikut tips bagaimana jika kita mau merescue kucing :

  1. Ketahui kemampuan memelihara

Semampunya. Satu kata tapi memiliki makna mendalam. Kami mengerti tiap orang memiliki batas kemampuan berbeda beda. Dari pengamatan kami, rata rata kemampuan memelihara berbeda tergantung kuasa di lingkungan tinggalnya. Seorang ayah biasanya mampu memelihara 2 ekor kucing. Seorang ibu mampu memelihara 1 ekor kucing, sedangkan masing masing anak, hanya mampu memelihara 0,5 ekor kucing.

Tanda tanda batas kemampuan memelihara sudah tercapai ialah

  • Ketika kita sudah tidak memiliki waktu untuk istirahat atau me time
  • Kucing suka keluar masuk rumah/ tidak terurus
  • Kucing dikandangkan setiap waktu dan tidak ada komunikasi intens dengan pemilik
  • Bau kucing saat memasuki rumah tercium jelas

Memelihara kucing, tidak sama dengan memelihara ayam atau sapi yang mana bila semakin banyak maka semakin untung. Semakin banyak kucing, umumnya, justru akan meningkatkan pengeluaran rumah tangga. Sehingga sangat disarankan, pemilik lebih bijak bila mau menambah jumlah kucing terutama bila melalui rescue.

Hal ini dikarenakan kucing rescue berpotensi menularkan penyakit kepada kucing di rumah. Oleh karena itu, pemilik wajib menyediakan kandang isolasi sementara untuk kucing rescue hingga dianggap layak digabung dengan kucing di rumah.

2. Ketahui kondisi kucing yang direscue

Saat merescue, sangat jarang, kondisinya sehat wal afiat. Biasanya ada saja penyakitnya, mulai dari scabies, jamuran, cat flu, cacingan, infeksi saluran cerna dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam rumah, disarankan untuk diperiksakan ke dokter hewan agar kucing diobati dahulu.

3. Ketahui pendapat orang terdekat terhadap tindakan kita

Dont be selfish. Mengadopsi kucing rescue adalah tindakan mulia. Meski begitu, kita tidak hidup sendiri. Kita masih membutuhkan bantuan atau berkomunikasi dengan orang lain terutama saat dalam kondisi terdesak. Nah, coba ketahui, bagaimana pendapat orang lain baik itu suami, istri, anak maupun tetangga terdekat bila anda mengadopsi kucing rescue.

Biasanya semua akan senang bila kucing tersebut berada di dalam rumah, sehat, gendut dan lucu. Satu lagi, meski memelihara kucing, rumah tetap rapi dan wangi. Nah, jika pemilik kucing bisa mewujudkan hal tersebut, tidak ada salahnya menambah jumlah kucing. Namun jika tidak, cukuplah dengan yang ada. Bila takut melahirkan ataupun berkelahi, dianjurkan untuk disteril.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: